NOVOTEL JAMBI HP: 081315623142

Jumat, 29 Oktober 2010

CANDI MUARO JAMBI HARUS MASUK DALAM PENINGGALAN DUNIA DARI (UNESCO)

NOVOTEL JAMBI

Timbuktu Harthana


Target Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jambi adalah membawa Candi Muaro Jambi masuk dalam daftar warisan dunia (world heritage list) menyusul Candi Borobudur dan Prambanan, yang 19 tahun lebih awal telah tercatat di daftar itu. Perlahan, kawasan di sekitarnya mulai dibenahi dan disiapkan menjadi desa wisata, dengan harapan cita-cita besar tersebut segera tercapai. Setidaknya, Candi Muaro Jambi harus bersaing dengan kampung Tana Toraja di Sulawesi Selatan dan sistem subak di Bali yang telah masuk dalam daftar sementara Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), yang menilai dan menetapkan sebuah situs layak disebut sebagai warisan dunia. Untuk itu, butuh kerja keras dosir (berkas dan dokumen) tentang Candi Muaro Jambi yang dibuat Pemerintah Provinsi Jambi bersama Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jambi, akhir tahun 2009, untuk mampu meyakinkan UNESCO.

Selain itu, banyak hal yang harus disiapkan agar itu terwujud. Salah satunya adalah menata masyarakat sekitar candi supaya lebih peduli dan memanfaatkan Candi Muaro Jambi sebagai bagian dari kegiatan hidup mereka. ”Kami menargetkan, tahun 2015 Candi Muaro Jambi sudah masuk sebagai warisan dunia,” ujar Agus Widiatmoko dari Bagian Publikasi dan Dokumentasi BP3 Jambi.

Sebagai kompleks percandian kuno sisa peninggalan masa keemasan agama Buddha di Nusantara, sekitar abad VII-XIV, Candi Muaro Jambi menyimpan keagungan budaya yang belum tergali. Lebih-lebih kehidupan masyarakatnya, yang kaya nilai-nilai kegotongroyongan, kepedulian sosial, dan kebersamaan. Bahkan, senyum ramah warga Desa Muaro Jambi, desa terdekat dengan kompleks candi, merupakan modal kuat desa tersebut menjadi desa wisata.

Berjarak 35 kilometer arah utara Kota Jambi, atau 45 menit jika ditempuh dengan kendaraan bermotor melewati jalan darat, Candi Muaro Jambi ternyata bisa diakses lewat jalur Sungai Batanghari.

Menggunakan perahu ketek, dari kawasan wisata Tanggo Rajo di pusat Kota Jambi, waktu tempuhnya tak lebih dari 30 menit. Jika ingin merasakan budaya sungai masyarakat Jambi, rute Batanghari bisa menjadi pilihan. Ongkosnya sekitar Rp 200.000-Rp 250.000 per perahu ketek untuk 10-15 orang.

Tidak seperti tiga empat tahun lalu, sekarang ini jalan menuju Candi Muaro Jambi semuanya beraspal. Rute menuju ke candi pun banyak pilihan, yakni melalui daerah Olakkemang, sembari mampir ke pusat perajin batik khas Jambi, atau melalui rute lama, lewat Sengeti. Lebih disarankan lewat rute Olakkemang karena bakal banyak dijumpai rumah panggung berarsitektur kuno dengan ukiran kayu Jambi lama. Tentunya menarik sekali untuk diabadikan dengan kamera foto atau direkam dengan kamera video.

Masuk ke kawasan kompleks percandian, beberapa pemuda desa di pos keamanan menyapa ramah para pengunjung yang datang. Gaya mereka santai, tetapi tetap sopan. Di antaranya adalah Brata dan Abdul Haviz yang tergabung dalam Paguyuban Pemuda Candi Muaro Jambi (PPCMJ). Mereka siap menjadi pemandu bagi wisatawan yang haus informasi tentang candi. Mereka juga mitra dari BP3 Jambi, yang secara tak langsung menjadi garda depan pelestarian candi.

Biasanya, pemandu akan mengantar wisatawan keliling ke lokasi-lokasi candi yang telah dipugar, seperti Candi Gumpung, Candi Tinggi, dan Tinggi I, Candi Kembar Batu, Candi Gedong, hingga ke Candi Astano. Pastinya sedikit melelahkan, apalagi di tengah hari yang terik. Sebab, jarak antarcandi sekitar 200-400 meter dan itu harus ditempuh dengan berjalan kaki melewati jalan setapak bersemen selebar 1 meter.

Dalam perjalanan menyusuri candi dan menapo yang mengubur reruntuhan candi akan dijumpai sejumlah masyarakat desa yang memiliki kebun buah- buahan di sekitar candi. Pohon durian, rambutan, dan duku paling banyak ditanam di sana. Buah duku Jambi yang berukuran besar dan berasa manis itu kebanyakan dikirim ke Jakarta dan dijual dengan label duku Palembang. Maklum, duku Palembang sudah punya nama, sedangkan duku Jambi belum dikenal orang. Padahal, rasanya sama enaknya. Sruupp....

Sinergi

Kesadaran masyarakat mengelola Candi Muaro Jambi sebagai aset pariwisata sudah membenih. Bahkan, menurut tuo tenganai (tokoh masyarakat) di Desa Muaro Jambi, Adam Huri (63), sebagian warga berkeinginan sektor pariwisata Candi Muaro Jambi dikelola bersama pemerintah daerah dan masyarakat desa sekitar kompleks candi. Harapannya, tidak ada warga yang tergusur dari tanah mereka, tetapi warga malah diajak mengelola dan menciptakan fasilitas-fasilitas pendukung pariwisata.

Adam yang juga mantan guru meminta masyarakat jangan sampai digusur atau hanya sebagai penonton. ”Kami tidak mau seperti kasus warga di sekitar Candi Borobudur yang terabaikan. Masyarakat harus diberdayakan,” kata Adam.

Misalnya, menjadikan bekas pemilik lahan menapo sebagai juru pelihara candi. Sejumlah warga juga mulai menyulap rumahnya menjadi rumah inap (home stay) bagi wisatawan yang ingin bermalam dan mengenal kehidupan penduduk lokal Muaro Jambi. Tarifnya sekitar Rp 250.000 per malam.

Abdul Havis yang biasa disapa Ahok menambahkan, PPCMJ terus mencari model-model kegiatan wisata untuk menarik masyarakat mengunjungi Candi Muaro Jambi. Mulai dari mengundang siswa SD di Kabupaten Muaro Jambi agar mereka bisa bercerita kepada keluarganya di rumah hingga gagasan wisata berburu durian. Paket wisata berburu dan menunggu durian runtuh itu terbilang sederhana, tetapi banyak wisatawan asing yang ternyata suka melakukannya.

Ada dua pondok berbentuk rumah panggung sederhana berukuran 4 x 5 meter yang disiapkan, beserta toilet sederhana, bagi turis yang ingin bermalam di kebun menunggui durian jatuh. ”Turis asing suka mendengar bunyi durian yang jatuh, buukk..., tetapi kalau makan durian, mereka tidak doyan,” kata Ahok.

Soal promosi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jambi terbilang getol menawarkan Candi Muaro Jambi sebagai obyek wisata unggulannya. Tiap pameran pariwisata sampai kerja sama dengan biro perjalanan wisata juga telah digagas. Kini, kunjungan wisatawan di candi ini mencapai 600 orang per bulan dari yang sebelumnya di bawah 500 orang per bulan. Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jambi Guntur mengatakan, tamu dinas ataupun swasta yang datang ke Kota Jambi pasti diajaknya ke kompleks percandian.

Mempertahankan tradisi

Gagasan desa wisata tampaknya cocok dikembangkan di perkampungan di sekitar Candi Muaro Jambi. Sebab, perkampungan di pinggir Sungai Batanghari ini masih menyisakan beberapa rumah panggung berarsitektur Jambi lawas, termasuk menyediakan perahu sebagai alat transportasi terpenting mereka saat Sungai Batanghari banjir. Bagi orang luar Jambi, hal ini adalah daya tarik yang tak pernah mereka dapati saban hari.

Tradisi gotong royong tetap terjaga sampai sekarang, mulai dari mengadakan pesta pernikahan, melakukan panen raya, sampai mengurus pemakaman. Jika salah satu keluarga menggelar acara pernikahan, tiap warga desa wajib menjadi panitianya. Entah sebagai juru masak atau hanya sebagai penjemput piring yang dipinjam dari kampung tetangga. Semuanya harus terlibat.

Saat ada warga yang meninggal, keluarga yang ditinggalkan tak perlu repot memikirkan prosesi pemakaman karena semuanya diurus oleh persatuan kematian. Warga yang datang melayat umumnya menolak jika disuguhi makanan dan minuman, sebagai bentuk belasungkawa mereka. Seperti adat di Jawa, para betina, sebutan bagi perempuan Jambi, membawa beras satu kaleng susu, sedangkan kaum jantannya (laki-laki) biasanya menyumbang uang secara sukarela.

Tradisi ini pun mutlak berlaku bagi pendatang yang menetap di desa mereka. ”Dimano tembilang tercacak, di situ tanam tumbuh. (Maksudnya, di mana kita tinggal, kita harus mengikuti tradisi yang berlaku),” kata Adam Huri yang memberi gambaran tradisi masyarakat desanya yang berbenah menjadi desa wisata, seperti desa wisata yang menjamur di Yogyakarta dan Bali.

BHIKKHU JERMAN BERKUNJUNG KE CANDI MUARO JAMBI

NOVOTEL JAMBI

JAMBI - Situs kebanggaan masyarakat Provinsi Jambi yaitu Situs Candi Muaro Jambi hari ini mendapatkan kunjungan dari Bhikkhu asal Jerman, Lodroe Sangpo (29/9). Candi Muaro Jambi merupakan salah satu peninggalan sejarah yang cukup terkenal dan terbesar di asia tenggara. Untuk itu, Lodroe Sangpo mengaku sangat tertarik untuk melihat situs tersebut secara dekat, yang areal candi muaro Jambi luasnya lebih 20 kali dari candi Borobudur.

“Saya belum pernah ke sini, makanya ingin sekali melihat Candi Muaro Jambi. Dan baru kali ini mendapatkan kesempatan,” ujarnya saat ditemui disela sela kegiatannya keliling candi. Keinginanya ini juga di dorong dengan banyaknya situs dan tulisan yang tersebar di internet mengenai keistimewaan candi Muaro Jambi.

“Saya banyak baca tentang Candi Muaro Jambi. Makanya, saya ingin sekali melihat langsung dan ternyata memang sangat luas dan banyak situs peninggalan yang bersejarah,” bebernya.

Bhikkhu Ladro Sangpo menjelaskan bahwa keberadaan Candi Muaro Jambi ini merupakan salah satu bukti bahwa, banyak sekali benda peninggalan sejarah yang terdapat di Provinsi Jambi seperti “Guci guci peninggalan Cina yang banyak ditemukan.

Tadi kita lihat didalam museum. Ini juga merupakan salah satu daya tarik agar candi muaro Jambi semakin banyak orang yang mengunjungi,” ujarnya disela sela beberapa temuan yang ada di museum kawasan candi Muaro Jambi.

Kehadiran Bhikku Lodroe Sangpo asal Jerman ini juga merupakan salah satu kegiatan yang dapat memperkenalkan Candi Muaro Jambi kepada dunia luar. Apalagi, mereka yang datang, akan memberikan kesan positif tersendiri yang mampu memberikan kontribusi agar Candi banyak dikunjungi oleh orang dari luar Provinsi Jambi.

Gelar Pradaksina
Selain mengunjungi areal museum, Bhikkhu Lodroe Sangpo juga melakukan ritual sembahyang. Ritual ini dilakukannya sebagai salah bentuk penghormatan kepada Candi yang dianggap sebagai salah satu benda suci. Bahkan, beberapa rombongan yang ikut serta juga melakukan pradaksina. Pradaksina merupakan ritual mengeliling benda yang dianggap suci. Biasanya dilakukan sebanyak 1 hingga 3 kali. Tujuannya untuk menghormati benda tersebut.

RITUAL WAISAK DI CANDI MUARO JAMBI

NOVOTEL JAMBI

Ritual Waisak di Candi Muaro Jambi
Candi Tinggi, salah satu candi yang telah selesai di renovasi.
Candi Tinggi, salah satu candi yang telah selesai di renovasi.


Tercantum dalam catatan perjalanan I-Tsing, seorang Pendeta Buddha pengembara dari Tiongkok pada masa kejayaan Dinasty Ming (abad VII - IX Masehi), tentang suatu tempat peribadatan yang dikunjunginya di Kerajaan Sriwijaya ketika itu. Tempat peribadatan itu terletak di tepi sungai, dikelilingi saluran air buatan, dihuni ribuan biksu / biksuni yang sedang belajar. Tempat itu dapat diibaratkan sebagai komplek Perguruan Tinggi lengkap dengan asrama mahasiswa zaman sekarang.
Pasangan Jurnalis. Pemred Majalah Pariwisata Inside Sumatera Magazine, Tikwan Raya S. beserta isteri dalam suatu peliputan ke Candi Muaro Jambi. Uraian panjanglebar mengenai candi ini dapat Anda temukan pada Majalah Inside Sumatera edisi Mei 2010, dan pada Inside
Pasangan Jurnalis. Pemred Inside Sumatera Magazine, Tikwan Raya S. beserta isteri liputan ke Candi Muaro Jambi. Uraian mengenai candi ini dapat dibaca pada Majalah Inside Sumatera edisi Mei 2010, dan Inside Sumatera.com.
Para arkeolog dan sejarawan dunia menyimpulkan, tempat yang dimaksud dalam catatan I-Tsing itu adalah Candi Muari Jambi, suatu lokasi percandian seluas 12 kilometer persegi, di Kecamatan Muaro Sebo, Kab. Muaro Jambi, Propinsi Jambi, sekitar 40 kilometer sebelah timur Kota Jambi.
Dengan 9 candi besar (Candi Kotomahligai, Kedaton, Gedong Satu, Gedong Dua, Gumpung, Tinggi, Telago Rajo, Kembar Batu, dan Candi Astano) dan puluhan candi kecil, lapangan-lapangan upacara, arca-arca dan altar tempat persembahan, sudah cukup menggambarkan betapa ramainya tempat itu dahulu kala. Artefak dan keping-keping mata uang yang ditemukan dan tersimpan rapi dalam balairung candi, menunjukkan bahwa pengunjung datang dari berbagai belahan dunia, dari berbagai latar belakang budaya.
Tapi begitulah situs purbakala. Daya tariknya justru terletak pada misteri masa lalunya. Ia berada dalam ruang sejarah yang seolah-olah terputus, sehingga kita butuh penelitian rumit untuk mereka-reka kembali seperti apa ia dahulu. Telah beratus-ratus tahun Candi Muaro Jambi terbenam dalam sejarah, terpendam di bawah tanah dan ditutupi hutan belantara.


Saluran air buatan mengelilingi komplek percandian, dapat dilayari dengan perahu motor menuju sumua candi.
Saat ini, jika Anda duduk di salah satu sudut areal percandian itu, Anda dapat merenung sambil mendengarkan bisikan sejarah ratusan biksu berbaris di lapangan upacara. Atau pendeta tua berkepala plontos dengan tasbih di tangan hilir-mudik memandu kegiatan. Sebagian siswa bersemedi di suatu altar, sebagian lagi mengikuti upacara persembahan kepada dewa-dewa, sedangkan sebagian lagi sibuk latihan beladiri ‘kungfu’.
Dalam catatan I-Tsing, Candi Muaro Jambi merupakan padepokan terakhir penggemblengan calon pendeta Buddha sebelum mendaki puncak pencerahan tertinggi di utara India, pada kuil suci di kaki Pegunungan Himalaya, di suatu tempat yang dipercayai sebagai tempat lahirnya Sidharta Gautama.
(bersambung)
Stupa-stupa mengelilingi reruntuhan altar.
Stupa-stupa mengelilingi reruntuhan altar.
Jalan mulus menuju Candi Muaro Jambi. Dapat ditempuh kurang lebih 20 menit dari Kota Jambi, melalui Jembatan Batanghari-II
Jalan mulus menuju Candi Muaro Jambi. Dapat ditempuh kurang lebih 20 menit dari Kota Jambi, melalui Jembatan Batanghari-II



MBI memandang perayaan Wisak Nasional di Candi Muaro jambi bukan sebagai tandingan perayaan waisak di tempat lain tapi merupakan suatu kebhinnekaan, dan keberagaman. Karena, Candi Muaro Jambi merupakan warisan budaya yang luar biasa masa peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang tak kalah agungnya dengan Candi Borobudur dan Candi lain yang ada di Jawa.

KOMPLEK CANDI MUARO JAMBI 80 RERUNTUHAN CANDI DI DALAM NYA

NOVOTEL JAMBI


KOMPLEKS Percandian Muaro Jambi yang di dalamnya tersimpan lebih dari 80 reruntuhan candi dan sisa-sisa permukiman kuno dalam rentang abad IX-XV Masehi. Meskipun belum sepopuler candi lain di Pulau Jawa, situs purbakala yang diyakini juga sebagai salah satu pusat pengembangan agama Buddha di masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya ini merupakan aset yang dapat dimanfaatkan di bidang ilmu pengetahuan, kebudayaan, pariwisata, sosial, agama, dan ekonomi.
Situs purbakala ini membentang dari barat ke timur di tepian Sungai Batanghari sepanjang 7,5kilometer.Kompleks percandian ini dapat ditempuh melalui darat dan sungai dengan jarak dari Kota Jambi sejauh 30 Km. Dari sekitar 80 reruntuhan candi yang sudah diketahui, yang oleh masyarakat setempat disebut menapo, baru sebagian kecil yang sudah dipugar. Berdasarkan sisa-sisa reruntuhan yang ada, sebuah bangunan menggunakan batu merah.
Candi-candi yang sudah dibangun dan bisa dikunjungi wisatawan adalah Candi Vando Astano, Candi Gumpung, Candi Tinggi, Candi Kembar Batu, Candi Gedong 1, Candi Gedong 2, dan kolam Talaga Rajo. Juga terdapat Kanal-Kanal Tua yang mengelilingi komplek Percandian ini. Lokasinya tersebar di Desa Muaro Jambi, Kemingking Dalam, dan Danau Lamo.
Pemprov Jambi telah menyusun master plan pengembangan situs candi Muaro Jambi dan berikut Design Engineering (DED) detail untuk menentukan Restorasi Pengembangan Situs tersebut sebesar lebih kurang 12 triliyun.

  Candi Tinggi                              Telago Rajo                             Candi Gumpung




Kanal kuno                               Candi Kembar Batu                               Peta

Foto Udara Situs Muaro Jambi Candi Kedaton                   Kompleks Situs Muaro Jambi

SITUS MUARO JAMBI: PENINGGALAN KERAJAAN MELAYU TERBESAR YANG DI ABADIKAN

NOVOTEL JAMBI
MENGUNJUNGI situs Muaro Jambi di Desa Muaro Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, berselang 18 tahun, tidak begitu terlihat perubahan berarti.

Candi Tinggi di situs Muaro Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Selasa (10/3), merupakan salah satu candi yang paling indah dan sempurna. Situs Muaro Jambi yang luasnya sekitar 12 kilometer persegi merupakan peninggalan Kerajaan Malayu. (Kompas/Yurnaldi)
Pengamatan kasatmata tahun 1991 dan kemudian membandingkannya dengan situasi dan kondisi pada minggu kedua Maret 2009, kesannya tetap sepi. Sepi dari aktivitas keilmuan (arkeologi), pengembangan, dan sepi pengunjung.

Bayangkan, di situs Muaro Jambi yang luasnya sekitar 12 kilometer persegi—dan menjadi situs terbesar di Nusantara, lebih luas dari situs Trowulan yang menjadi pusat Kerajaan Majapahit—dilaporkan terdapat lebih dari 80 candi dan menapo/gundukan peninggalan Kerajaan Malayu. Namun yang telah diokupasi dan dipugar baru sekitar 10 persen. Untung saja, masyarakat yang bermukim di kawasan situs sangat peduli pada benda cagar budaya sehingga kerusakan situs hampir tak terjadi.



Padahal, candi-candi yang belum dikupas (diokupasi) berada di tanah milik warga. Lahan-lahan di situs Muaro Jambi itu dipenuhi pohon duku dan durian, yang berusia puluhan tahun, dan selama ini menjadi sumber ekonomi masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dan Provinsi Jambi perlu juga dari sekarang memikirkan pemberdayaan masyarakat dan mengalihkan sumber ekonomi masyarakat di kawasan situs Muaro Jambi sekiranya tanah mereka kelak dibebaskan untuk keperluan ekskavasi.

Baru sebagian kecil

Menurut data, luas tanah yang dibebaskan baru sebagian kecil, yakni kompleks Candi Astano 100 x 200 meter, Candi Tinggi 125 x 200 m, dan Candi Gumpung 150 x 150 m, serta Candi Kembar Batu 80 x 80 m.

Tanah tempat berdirinya Candi Gedong I dan II seluas 100 x 300 m juga telah dibebaskan, termasuk Candi Kedaton 220 x 245 m, Candi Kotomahligai 100 x 100 m, Manapo Candi Tinggi 40 x 40 m, Manapo Sialang 100 x 100 m, dan Talago Rajo 100 x 150 m.

”Dana yang dianggarkan pemerintah sangat minim, apalagi Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) yang berpusat di Jambi membawahi empat provinsi, yakni Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Bengkulu,” kata Agus Widiatmoko, Pokja Dokumentasi dan Publikasi BP3 Jambi.

Dengan dana yang minim tentu perubahan fisik yang terlihat tidak begitu mencolok. Namun, setiap tahun ada kegiatan, seperti revitalisasi atau normalisasi kanal di sekitar situs Muaro Jambi.

Direktur Peninggalan Purbakala Ditjen Sejarah dan Purbakala Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Soeroso, di Jakarta, mengatakan, tahun 2007 sudah ada suatu kegiatan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata dengan Departemen Pekerjaan Umum untuk menggarap situs-situs yang potensial untuk destinasi, termasuk situs Muaro Jambi.

”Kegiatan yang sudah dimulai antara lain pembuatan talut agar kawasan situs Muaro Jambi tidak longsor dan untuk membuka kanal-kanal,” katanya.

Tentang kondisi situs Muaro Jambi yang lamban perkembangannya, diakui Soeroso, di samping BP3 mengurusi empat provinsi, sehingga dana yang dianggarkan dibagi untuk empat provinsi, juga karena masalah kualitas sumber daya manusia yang terkesan asal comot. Tidak menempatkan orang yang ahli dan mencintai bidang pekerjaannya.



Sejak 1820

Kepala BP3 Jambi Tonny Mambo mengatakan, situs Muaro Jambi yang berada di ketinggian 14 meter di atas permukaan laut dan terletak di suatu daerah dataran yang merupakan daerah tanggul alam dari Sungai Batanghari (panjang sekitar 800 km, lebar sekitar 500 meter, dengan kedalaman lebih dari 5 meter). Di sekeliling bangunan terdapat tanah yang rendah merupakan parit keliling halaman bangunan candi.

Menurut Tonny, perhatian terhadap antiquiti yang terdapat di Muaro Jambi sudah dimulai sejak tahun 1820 oleh Kapten SC Crooke, seorang perwira kehormatan bangsa Inggris. Kemudian oleh Adam tahun 1920. Melihat tinggalan di Muaro Jambi, ia menyimpulkan, Muaro Jambi merupakan sebuah ibu kota dengan bangunan-bangunan yang dibuat dari bata/batu. ”Dugaan Adam ini disetujui oleh Schnitger yang berkunjung pada tahun 1936,” katanya.

Setelah lama tidak diteliti, pada 1954 sebuah tim dari Dinas Purbakala meninjau lokasi situs dan mendata kembali apa yang telah dilaporkan oleh Schnitger. Pemugaran baru dimulai tahun 1975 sampai sekarang.

Menurut Soeroso, situs Muaro Jambi terlihat lamban perkembangan pemugarannya dibandingkan dengan situs lain karena percandian di situs Muaro Jambi terdiri dari bata, bukan batu seperti di Jawa. Merekonstruksi bangunan candi dari bata lebih sulit ketimbang candi dari batu karena mudah rapuh.

Peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional, Bambang Budi Utomo, menyebutkan, situs percandian Muaro Jambi diduga telah ada sejak pertengahan abad VII Masehi. Situs ini merupakan situs keagamaan yang dibangun kelompok masyarakat pemeluk agama Buddha Mahayana pada sekitar abad VIII Masehi dan terus berlanjut hingga abad XIV.

”Kelangsungan bangunan-bangunan keagamaan di tempat ini sejalan dengan kelangsungan kerajaan yang pernah ada di daerah aliran Sungai Batanghari. Ketika Batanghari di bawah penguasaan Kerajaan Malayu, Muaro Jambi dimanfaatkan sebagai tempat upacara agama Buddha masyarakat Malayu,” jelasnya. Ketika Batanghari di bawah penguasaan Kerajaan Sriwijaya, a Muaro Jambi dimanfaatkan oleh masyarakat Sriwijaya.

Ada petunjuk bahwa beberapa bangunan di Muaro Jambi mengalami beberapa tahapan pembangunan. Bambang mencontohkan, bangunan Candi Astano dan Candi Gumpung. Bangunan Candi Gumpung diduga sekurang-kurangnya telah mengalami dua tahapan pembangunan. Bangunan pertama mungkin dibangun pada sekitar abad IX Masehi. Entah pada tahun berapa kemudian bangunan ini diperbesar sebagaimana tampak pada bagian dinding ketika dilakukan pembongkaran.

Data terakhir mengindikasikan, ketika pusat Kerajaan Malayu-Dharmasraya berada di daerah Rambahan (abad XIII Masehi), Muaro Jambi masih berfungsi sebagai tempat upacara agama Buddha. Arca Prajnaparamita yang ditemukan di reruntuhan sebelah timur Candi Gumpung merupakan buktinya.

Warisan dunia

Soeroso menjelaskan, situs Muaro Jambi saat ini telah diprioritaskan menjadi warisan dunia. Usulan itu sudah terdaftar di UNESCO, 3-4 tahun lalu.

Situs Muaro Jambi juga sudah dimanfaatkan untuk upacara-upacara keagamaan umat Buddha, diselaraskan dengan Candi Burobudur.

Jika berkunjung ke situs Muaro Jambi, Anda akan menemukan sejumlah keunikan dari candi-candi yang ada. Sebagian dari bangunan-bangunan bata mengelompok di suatu tempat yang dikelilingi tembok pagar keliling,

Di situs Muaro Jambi juga ditemukan sisa permukiman, diduga berasal dari abad VII-XIII Masehi. Dari situs ada indikator pertanggalan situs, yaitu dari pertulisan singkat yang ditemukan di reruntuhan Candi Gumpung, pertulisan pada Gong Perunggu dalam aksara Tionghoa, fragmen arca Buddha, arca Prajnaparamita di Candi Gumpung, dan pecahan keramik.

PEMUGARAN CANDI MUARO JAMBI

NOVOTEL JAMBI

Pekerja di lokasi pemugaran Candi Kedaton di kompleks Candi Muaro Jambi, Selasa (15/12), menunjukkan batu bata berukir yang ditemukan di antara reruntuhan candi tersebut. Tidak semua batu bata yang menjadi bahan utama bangunan candi berusia lebih dari 600 tahun itu berukir.

Pemugaran tahap pertama Candi Kedaton di Komplek Candi Muaro Jambi, di Kabupaten Muro Jambi, Provinsi Jambi, sudah hampir tuntas. Namun masih belum ada petunjuk masa pembuatan candi tersebut.

Pemugaran tahap pertama dilakukan selama kurang lebih lima bulan, sejak Agustus 2009. Dalam tahap ini, hanya sisi timur dan selatan candi induk yang dipugar. Mulai dari pembongkaran pondasi dan kaki candi, mencatat benda-benda temuan di sekitar candi, serta penyusunan kembali batuan yang telah dibersihkan sesuai dengan bentuk asalnya.

Bahkan, tim pemugaran BP3 Jambi sengaja membuat pondasi baru dari beton. agar pondasi candi lebih kokoh, tidak mudah ambles, serta mencegah keretakan batu candi akibat pergerakan tanah. Pondasi beton yang dibuat tidak mengganggu atau mengubah bentuk candi.

Menurut Ketua Kelompok Kerja Pemugaran Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jambi Kristanto Januardi, Selasa (22/12/2009), saat ditemukan, Candi Kedaton sudah dalam kondisi rusak, bahkan hiasan-hiasan yang biasanya menempel di candi, tidak utuh dan berserakan. Hanya bagian pondasi, kaki, dan sebagian tubuh candi yang masih tersisa dan dapat dipugar.

"Sementara itu, sebagain tubuh dan atap candi,tidak terlacak lagi bentuknya. Hanya 60 persen bagian candi induk dari Candi Kedaton yang bisa dipugar," jelas Kristanto.

BP3 Jambi belum menemukan prasasti yang menunjukkan tahun pembuatan Candi Kedaton. Padahal, bukti tertulis sangat penting untuk diketahui agar bisa ditelurusi sejarahnya lebih lanjut. Pemugaran candi yang berfungsi sebagai tempat ibadah umat Budha ini diperkirakan butuh empat sampai lima tahapan.

Secara fisik, candi induk dari Candi Kedaton tingginya 7 meter dengan luas 26x26 meter. Pada sisi utara candi induk terdapat penamp il, atau anak tangga menuju bagian tubuh candi. Candi induk menghadap ke utara, dan di depannya terdapat satu candi pewara. Candi Kedaton dikelilingi tebok bata dua lapis serta terdapat sejumlah gapura sebagai pintu masuk.

MENELUSURI CANDI MUARO JAMBI LEWAT KANAL

NOVOTEL JAMBI


Dari kejauhan, Candi Gumpung yang terletak di Kompleks Situs Candi Muaro Jambi berdiri kokoh. Meski bagian atas candi tak utuh lagi, dua pengunjung tampak asyik menikmati kemolekan candi berbahan batu bata merah itu, di Desa Danau Lamo, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi.
Di dekat candi yang ditemukan pada 1950-an itu menjulang Candi Tinggi. Kedua candi itu dipisahkan pagar-pagar pembatas yang juga terbuat dari bata merah. Tidak jauh dari sana, sekitar 300 meter, ada kanal atau saluran air selebar 4-5 meter yang sudah tertutup semak belukar, juga permukiman penduduk.
”Sayang sekali kanalnya sudah tertutup semak. Kalau tidak, perahu masih bisa lewat sana. Tetapi, rencananya, tahun 2010 akan dibuka,” kata Ahok (31), pemandu wisata sekaligus anggota Balai Kreasi Pemuda Candi Muaro Jambi (BKPCMJ), Selasa (15/12).
Berdasarkan catatan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3), ada 82 situs candi di Kompleks Candi Muaro Jambi. Namun, baru delapan yang dipugar secara bertahap dan kurang dari 20 situs candi yang telah memiliki nama. Adapun nama candi-candi tersebut biasanya diberikan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar candi. Seperti nama gumpung yang berarti patah dalam bahasa setempat.
Jarak antarcandi sebenarnya tidak berjauhan. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki sambil menikmati suguhan pemandangan alam yang asri dan bebas polusi. Apalagi jika berkunjung pada musim duku atau durian, lebih nikmat lagi. Bisa mencicipi buah-buahan sambil berwisata sejarah.
Tak seperti candi-candi di Jawa, candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya ini unik. Sebab, terdapat kanal dan parit yang saling tersambung dan berujung di Sungai Batanghari. Kanal-kanal itu menghubungkan satu candi dengan candi lain. Jarak kanal dengan candi tidak jauh, hanya 200-300 meter. Bahkan, parit-parit selebar 2-3 meter yang dibangun di depan candi diduga juga menjadi salah satu akses memasuki candi dari jalur kanal.
Saat ini, sejumlah kanal masih ada yang berfungsi dan sudah ada yang dikeruk. ”Ada kemungkinan, dulu orang datang ke candi-candi ini memakai perahu melewati kanal yang tersambung dengan Sungai Batanghari,” kata Ahok.
Menurut Agus Widiatmoko dari Bagian Publikasi dan Dokumentasi BP3 Jambi, kanal di Kompleks Candi Muaro Jambi mempunyai dua fungsi simbolis. Pertama, kompleks candi dibangun sebagai bentuk makrokosmos. Dalam hal ini, kanal diibaratkan samudra, sedangkan candi adalah gunung-gunungnya. Fungsi kedua, jalur transportasi yang menghubungkan antarcandi. Aliran kanal yang menuju ke barat itu berkebalikan dengan aliran Sungai Batanghari yang ke arah timur. Oleh karena itu, umumnya gerbang masuk ke tiap candi adalah dari timur.
Sayangnya, sebagian kanal dan parit sudah tertutup oleh gundukan tanah, semak, juga rumah-rumah. Salah satunya adalah kanal yang membelah Kampung Danau Kelari dengan Kampung Sungai Melayu yang telah tertutup permukiman padat. Padahal, kanal yang berujung di Sungai Batanghari itu menembus sampai ke Candi Gumpung. Dari kanal itu menyambung ke kanal lain yang melintasi Candi Kedaton, Gedong I dan Gedong II.
Daya tarik wisata
Sebenarnya, kanal-kanal tersebut merupakan daya tarik tersendiri dari Kompleks Candi Muaro Jambi. Sebuah magnet baru yang mampu menjadi modal untuk mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan. Para pengunjung tak perlu melintasi jalan darat yang berputar-putar. Bahkan, dengan perahu, mereka bisa meneruskan perjalanan ke seberang Sungai Batanghari untuk mencapai Candi Teluk dan Candi Astano.
Kehidupan masyarakat di sekitar kanal juga menjadi daya tarik wisata, terutama bagi wisatawan asing yang menggemari suasana alami dan tradisional dalam aktivitas liburannya. Keinginan menjadikan paket wisata perjalanan air, kata Ahok, sudah dipikirkan BKPCMJ dan BP3. Rute perjalanan dimulai dari Candi Gumpung, menyusuri kanal dan parit yang melintasi beberapa candi, kemudian berakhir di Danau Lamo. Pengunjung pun dipersilakan menikmati durian yang jatuh dari pohon.
Agus menambahkan, bukan hanya kanal, tetapi danau-danau kecil yang terbentuk di antara kanal, juga Sungai Batanghari, pun adalah obyek wisata yang menarik untuk dikembangkan menjadi wisata air. ”Orang ke Candi Muaro Jambi tak perlu lagi melalui darat (jaraknya sekitar 41 kilometer dari Kota Jambi), tapi bisa lewat jalur air. Lebih cepat dan menarik,” kata Agus.
Wisata sejarah tak dimungkiri merupakan cerita yang menarik untuk dibagikan kepada turis. Candi yang dibangun sejak abad VIII hingga terakhir digunakan pada awal abad XIII itu bukan hanya tempat beribadah umat Buddha, tetapi juga pusat pendidikan ajaran Buddha di masa Kerajaan Sriwijaya. Selain Kerajaan Sriwijaya, candi itu juga dimanfaatkan Kerajaan Melayu yang pada abad XIII hijrah ke daerah Pagaruyung, Sumatera Barat.
Tentu saja ini tak mudah. Pemerintah daerah harus serius menyediakan infrastruktur pariwisata untuk menunjang pengembangan wisata di kompleks candi ini. Kini akses jalan menuju Candi Muaro Jambi sudah memadai, tetapi fasilitas penginapan dan restoran masih belum ada. Tidak hanya itu, masyarakat di Desa Danau Lamo pun perlu menyiapkan diri menjadi masyarakat desa wisata. Lebih terbuka serta kreatif menciptakan kegiatan wisata dan budaya. Maksudnya, mengundang orang untuk datang berkunjung.
”Saya tahu, pekerjaan seperti ini awalnya butuh keikhlasan karena hasilnya tidak bisa dinikmati sekarang. Namun, jika sektor wisata di sini maju, akan banyak lapangan pekerjaan yang tercipta,” kata Ahok.

PUSARA KE ABADIAN ''MENAPO'' MUARO JAMBI

NOVOTEL JAMBI


Candi Tinggi merupakan salah satu candi di kompleks percandian Candi Muaro Jambi yang kondisinya hampir utuh, Senin (4/1). Tidak utuhnya kondisi candi disebabkan bahan pembuat candi adalah batu bata yang mudah mengalami korosi oleh cuaca. Diperkirakan masih terkubur 82 candi di kompleks percandian ini, yang memiliki luas 2.062 hektar. Adapun candi yang telah dan sedang dipugar sebanyak 12 candi
Dua puluh kali lebih luas dari Candi Borobudur di Jawa Tengah dan dua kali lebih luas dari Kompleks Candi Angkor Wat di Kamboja, tak heran apabila kompleks percandian Candi Muaro Jambi pun disebut sebagai kawasan candi terluas di Asia Tenggara. Sayangnya, kawasan ini bak pusara keabadian warisan kemanusiaan karena tak satu pun candi yang wujudnya utuh.... Kompleks Candi Muaro Jambi terletak sekitar 35 kilometer sebelah utara Kota Jambi, tepatnya di Kecamatan Muara Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Takjub sekaligus ironis sepertinya dua kata yang pas untuk menggambarkan kondisi percandian di muara Sungai Batanghari itu.
Kata takjub mencuat karena luas kompleks percandian ini mencapai 2.062 hektar. Mulai dari lahan yang telah dikuasai Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jambi, kebun milik warga, hingga kanal-kanal penghubung antarcandi. Candi-candi yang tersebar di antara kanal inilah keunikan Kompleks Candi Muaro Jambi, yang tak ditemui di kompleks percandian lain di Nusantara.
Tercatat ada 11 candi utama yang ditemukan dan sebagian sudah dipugar, di antaranya Candi Gumpung, Candi Tinggi dan Tinggi I, Gedong I dan II, Kedaton, Koto Mahligai, Astano, Teluk I dan II, Bukit Sengalo, dan Kembar Batu. Hamparan candi itu belum termasuk 82 reruntuhan candi yang diperkirakan masih terkubur di dalam puluhan gundukan tanah, atau biasa disebut menapo oleh warga sekitar candi.
Bekas-bekas kanal dan parit di Candi Muaro Jambi merupakan konsep arsitektur tata kota zaman dulu yang menakjubkan. Parit selebar 2-3 meter dibuat mengelilingi candi dan berfungsi sebagai pembatas, sedangkan kanal selebar 6-10 meter dibuat mengular membelah candi-candi yang fungsinya sebagai jalur transportasi. Kanal pun menyambung dengan Sungai Batanghari.
Peneliti BP3 Jambi meyakini, transportasi utama menuju ke candi kala itu menggunakan perahu. Sistem transportasi ini tak ubahnya seperti kanal-kanal di Kota Venesia saat ini.
Ada empat kanal yang telah diberi nama, yaitu Kanal Jambi, Melayu, Terusan, dan Parit Johor. ”Selain kanal, ada Danau Kelari, sebuah danau kecil penghubung antarkanal,” kata Agus.
Selain kanal, ada dongeng menarik yang mengakar di kalangan warga sekitar candi, yaitu kisah tentang kegagalan Raja Datuk Paduka Berhala membangun sebuah candi setinggi langit dalam waktu semalam, yang diminta oleh Putri Pinang Masak. Karena jengkel, raja pun menendang candi tersebut hingga berserakan dan membentuk candi-candi kecil.
Selintas, cerita ini mirip legenda Bandung Bondowoso yang gagal membangun seribu candi untuk Roro Jonggrang, atau Sangkuriang yang tak berhasil membuat perahu serta danau untuk Dayang Sumbi.
Setelah dimanjakan rasa takjub, ironi pun muncul kala memandangi bata-bata merah yang menyusun candi itu keropos dimakan usia. Lumut hijau bersemu hitam merekat kuat, retakkan bata yang memanjang pun menjadi hiasan candi. Bahkan, hampir semua candi hanya terdiri atas bagian fondasi dan tubuhnya, sedangkan bagian atas tak terlacak entah ke mana.
Tembok dan gapura yang mengelilingi candi pun hampir tak terlihat bekasnya, seperti gapura dan tembok keliling Candi Gumpung—ditemukan tahun 1820 dan baru dipugar tahun 1982 hingga 1988—yang hanya tersisa bagian fondasinya setinggi betis hingga pinggang orang dewasa.
Ketua Kelompok Kerja Pemugaran BP3 Jambi Kristanto Januardi mengakui, sampai sekarang belum diketahui bagaimana desain bentuk bagian atas candi-candi di Kompleks Candi Muaro Jambi.
Belum ditemukan manuskrip yang menuliskan candi dibuat tahun berapa, bahkan oleh siapa. Sejumlah candi, seperti Astono atau Kedaton, yang diduga dibangun lebih dari satu tahap dengan masa pembuatan yang berbeda pun belum berdampingan dengan bukti prasasti atau catatan sejarahnya.
”Menapo”
Saat ini, Kompleks Candi Muaro Jambi memang belum bisa dijelajahi menggunakan perahu, kecuali Candi Teluk I dan II, karena terletak di seberang Sungai Batanghari. Perjalanan menghampiri beberapa candi akan melewati sejumlah menapo yang telah diberi patok merah, bertuliskan nomor dan BP3. Menapo-menapo itu terletak di kebun-kebun durian, duku, dan cokelat milik warga desa.
Bentuk menapo tak ubahnya gundukan tanah setinggi 0,5 sampai 1 meter. Akan tetapi, dulu, menapo-menapo itu tingginya ada yang sampai 3-6 meter. Menurut penjelasan warga, kata menapo berasal dari kata napo, yaitu sejenis kancil dalam bahasa setempat. Ketika banjir, napo mengungsi di gundukan bukit-bukit kecil. Akhirnya, warga menyebut bukit-bukit kecil tempat napo bersembunyi itu dengan istilah menapo.
Umumnya, nama candi mengikuti nama menapo tempat candi ditemukan. Yang memberi nama pun warga desa, salah satunya Candi Astano.
Tak hanya itu, anggrek berukuran raksasa, yang disebut anggrek macan jambi (Gramma top phyllum speciosum), terlihat eksotik di atas dahan-dahan pohon durian di sekitar menapo.
Candi ini sempat terkubur sampai akhirnya ditemukan kembali oleh tentara Inggris, SC Crooke, tahun 1820. Sayangnya, sekali lagi, karena jenis batunya adalah batu bata, kebanyakan candi yang ditemukan tak utuh kondisinya.
Pemugaran candi dilakukan secara bertahap dan satu per satu. Sejak tahun 1970-an hingga kini, pemugaran terus berlanjut, yaitu pada Candi Kedaton.
Begitulah adanya Candi Muaro Jambi. Sebuah peninggalan budaya yang maha-agung di tanah Nusantara, yang menua karena proses alam. Dan, kalau tak dijaga, yang tertinggal hanya pusara dan ceritanya....

CANDI MUARO JAMBI MASIH DI SERBU PENGUNJUNG

NOVOTEL JAMBI


NET
Candi Muaro Jambi
JAMBI  Objek wisata dan tempat hiburan pada H+3 Idul Fitri 1431 Hijriah di Kota Jambi dan kabupaten sekitarnya tetap diserbu pengunjung.

Pemantauan di sejumlah objek wisata di Kota Jambi dan Kabupaten Muarojambi, Selasa 14 September 2010, pengunjung tampak ramai memadati objek wisata alam dan tempat hiburan seperti pusat percandian Muarojambi, taman bermain Kampung Raja dan kebun binatang Taman Rimba.

Seorang pengunjung Sukamto, 43, ketika dijumpai di taman bermain dan wisata air Kampung Raja, lima kilometer dari pusat kota, mengatakan, dia dan keluarganya sengaja menghabiskan sisa hari libur membawa keluarga rekreasi.

"Sambil makan bersama di alam terbuka, saya dan anak-anak juga menikmati wisata air, seperti naik kereta air, berenang bersama dan lainnya yang disajikan pengelolan taman bermain Kampung Raja," katanya.

Suasana ramai juga tampak di pusat percandian Muarojambi, Kabupaten Muarojambi, 25 km dari Kota Jambi, yang ramai dikunjungi pasangan muda-mudi.

Pusat percandian Muarajambi merupakan objek wisata sejarah yang dikelilingi banyak ditumbuhi pohon besar yang suasananya romantis, sehingga banyak dikunjungi pasangan kekasih.

Di objek wisata bersejarah itu juga diramaikan para pedang makanan kecil dan penyewa tikar, untuk pengunjung yang ingin duduk santai di bawah rindangnya pohon besar di lokasi tersebut sambil menikmati makanan ringan.

Sementara itu di kebun binatang Taman Rimba pengunjung selain dapat menikmati atau melihat tujuh anjungan rumah adat kota dan sejumlah kabupaten di Provinsi Jambi, melihat berbagai binatang yang dilindungi.

Fahmi, 47, yang sengaja datang dari luar kota mengatakan, dirinya menghabiskan tiga hari sisa liburan sekolah putra putrinya, karena Jumat 17 September 2010 mereka sudah masuk sekolah, dengan berkunjung ke Kota Jambi dan menginap di rumah keluarga untuk mengunjungi objek wisata Taman Rimba dan taman bermain Kampung Raja.

"Usai merayakan Idul Fitri di kampung dan saling mengunjung sesama tetangga, tiga hari sisa libur saya menghabiskan waktu tersebut di Kota Jambi," kata Fahmi yang datang dari Kabupaten Tebo.

OBJEK WISATA MUARO JAMBI

NOVOTEL JAMBI


Candi Muaro Jambi




 Kompleks Candi Muaro Jambi merupakan bukti bahwa kerajaan Melayu pernah beribukota di Muaro Jambi. Namun sayang, kondisinya memprihatinkan. Padahal Candi Muaro Jambi adalah situs purbakala terluas di Indonesia, dengan nilai teramat penting bagi ilmu pengetahuan, sejarah dan budaya. Kilaunya justru tersembunyi dari peradaban.

Selamat datang di Kompleks Situs Percandian Muaro Jambi. Tulisan tersebut menyapa lewat papan yang terletak di gapura kompleks Candi Muaro Jambi. Tulisannya hampir pudar, posisi papannya agak miring. Setelah melewati gapura, tak ada sambutan bagi calon pengunjung. Tampak beberapa kios, tapi semuanya kosong, tak terawat. Sekitar 20 meter dari gapura, ada loket untuk beli karcis masuk. Tapi lagi-lagi tak ada orang di sana. Kosong.
Situs Percandian Muaro Jambi terletak di Desa Muaro Jambi, Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muara Jambi. Jaraknya dari ibukota provinsi Jambi sekitar 40 kilometer. Kompleks ini tak jauh dari daerah aliran sungai Batanghari. Untuk sampai ke sana, bisa menempuh jalur darat atau pakai kapal cepat lewat sungai.
Ini adalah kawasan ibadat Budha dengan luas sampai 12 kilometer persegi, terluas di Nusantara. Pertama kali ditemukan oleh tentara Inggris bernama SC Crooke pada 1820, ketika ditugasi memetakan Sungai Batanghari. Menurut Bujang Dasril, Petugas Museum Candi Muaro Jambi sebagai situs purbakala paling luas, Muaro Jambi memilih 80-an candi, sembilan candi besar.

Dipugar
Bujang Dasril: Ini situs percandian Muaro Jambi, arealnya 12 kilometer persegi. Di sini, ada sembilan candi yang besar, pertama Candi Kotomahligai, arah ke barat lagi. Ada Candi Kedaton lebih kurang empat kilo dari sini, candi Gedong satu dan Gedong dua, lebih kurang satu kilo dari tempat kita sekarang ini. Candi Gumpung, sekarang kita berada di candi Gumpung. Candi Tinggi, Telago Rajo, Candi Kembar Batu dan Candi Astano. Itu ada sembilan yang besar.
Dari sembilan candi besar itu, baru enam candi selesai dipugar. Di sini, candi selalu dikelilingi kanal. Artinya, sejak dulu transportasi air sudah diakrabi masyarakat sekitar. Namun, kanal-kanal itu kini tertutup tanah dan semak belukar, sehingga tidak bisa lagi dilewati.
Candi Gedong Satu terhitung unik di kompleks candi Muaro Jambi. Tak diketahui secara pasti kapan candi ini dibangun. Luas halamannya sekitar 500an meter persegi, terdiri dari bangunan induk dan gapura. Bentuknya sangat berbeda dengan candi umumnya di Pulau Jawa. Candi tak dibuat dari batu alam, tapi dari batu bata. Pada tiap bata merah, terdapat pahatan relief. Sebagian dari bata ini ada yang disimpan di museum.
Bujang Dasril: Semua candi terbuat dari batu bata, semuanya. Jadi, sekarang untuk pemugaran semua candi itu sudah renovasi. Jadi, sekarang sudah menggunakan semen untuk lemnya. Dulu kita belum tau pakai apa untuk lemnya. Jadi, sekarang sudah pakai semen untuk perekatnya.

Arca
Ditemukan banyak benda bersejarah yang tak ternilai harganya di kompleks candi ini. Kini barang-barang itu disimpan di museum. Misalnya ada arca gajah singa, juga arca Dwarapala.
Bujang Dasril: Ini arca Dwarapala, ditemukan di Candi Gedong. Secara tidak sengaja ditemukan pada tahun 2002 waktu kita pemugaran gapuranya. Sebetulnya ini dua arca, cuma satu yang kita temukan. Kalau dulu fungsinya sebagai penjaga gerbang, kalau sekarang katakanlah sekuritinya atau satpamnya.
Satu arca lagi adalah Arca Prajnaparamita, dewi perlambang kesuburan. Sayang, beberapa bagian arca ini belum ditemukan seperti tangan dan kepalanya.
Bujang Dasril: Ini arca Prajnaparamitha, ini yang ditemukan di Candi Gumpung. Sayangnya sampe sekarang kepalanya belum kita temukan. Ini perempuan, ini adalah suatu lambang suci agama Budha.
Di museum ini juga tersimpan belanga dari perunggu seberat 160 kilogram, tingginya 60an sentimeter, dengan diameter lubang belanga sekitar satu meter. Belanga ini diduga sebagai salah satu alat ritual umat Budha aliran Tantrayana.
Benda-benda purbakala bersejarah di Kompleks Candi Muaro Jambi sungguh tak ternilai harganya. Tapi harta ini terbengkalai, kesepian dan tak terurus mengingat prasarana tidak diperhatikan. Jalan rusak menuju candi, tak ada sarana transportasi memadai, fasilitas yang tersedia pun payah.

Potensi wisata
Pemerintah Daerah Muaro Jambi sadar akan potensi wisata yang dimiliki Candi Muaro Jambi. Mereka berjanji bakal membenahi infrastruktur demi mengembangkan wisata. Misalnya, membuat jalan setapak antar candi. Kanal juga akan dibersihkan dan dibuka lagi, supaya wisatawan bisa datang ke candi dengan menggunakan perahu tradisional.
Keinginan itu ada, kata Kepala Dinas Pariwisata Muaro Jambi, Muhammad Taufik.
Muhammad Taufik: Selain festival candi Muaro Jambi, pemerintah daerah juga sudah membuat jalan setapak yang menghubungkan candi ke candi tadi. Jadi, untuk tahun 2008 ini, kita membangun jalan setapak sepanjang 1,6 kilo, itu dari Candi Gedong Satu dan Gedong Dua itu menuju Candi Kedaton. Dari candi Kedaton itu, terdapat kanal sepanjang 4,1 kilo yang nanti bisa dilayari dengan perahu tradisional.
Tapi sebelum memperbaiki itu semua, Bupati Muaro Jambi Burhanuddin Mahar punya keinginan lain. Yang paling penting, kata dia, adalah merenovasi candi.
Burhanuddin Mahar: Sebab keinginan saya candi ini harus direnovasi. Agar menarik minat para wisatawasan baik lokal mau pun luar negeri untuk berkunjung kesana.
Kalau penampilan Candi Muaro Jambi sudah diperbaiki, potensi wisata di sini harus terus diperkenalkan. Salah satunya adalah dengan menjadikan candi sebagai lokasi perayaan Hari Raya Waisak. Sekjen Majelis Budhayana Indonesia, Budiman.

Bersejarah
Jika lokasi candi Muaro Jambi dibenahi secara maksimal, banyak harapan bahwa situs kepurbakalaan di Muaro Jambi ini akan menarik minat kunjungan wisatawan dan ilmuwan internasional.
Jika potensi wisata di Candi Muaro Jambi bisa dihidupkan, perekonomian masyarakat sekitar pastilah ikut bergeliat. Paling tidak, cinderamata khas Muaro Jambi bakal dibuat demi memenuhi kebutuhan wisatawan. Harapan ini disampaikan Ferdinand salah satu pengunjung candi.
Bisa gak? Muara Jambi ini dijadikan seperti Borobudu? Artinya, memang di sekitar Candi Muaro Jambi itu tidak ada umat Budhanya, seperti Borobudur. Tapi lingkungan sekitarnya menjual apa namanya pernik-pernik tentang candi muaro jambi. Artinya, kalau orang datang ke Jambi, itu ada hasil kenang-kenangan candi muaro Jambi yang bentuk kecilnya itu.
Candi Muaro Jambi pasti bisa dikemas lebih cantik, supaya laku dijual ke wisatawan dalam dan luar negeri. Tak sekadar itu saja, peninggalan bersejarah harus dijaga, bagaimana pun caranya.



CARA MEMBANGKIT KAN LIBIDO SECARA ALAMI

NOVOTEL JAMBI

Menurut sebuah studi yang dilaporkan Journal of the American Medical Association, sebanyak 43 persen wanita berusia di bawah 60 tahun memiliki semacam disfungsi seksual, pengurangan libido, atau hilangnya nafsu seksual. Untuk mengatasinya, tentu Anda harus mencari tahu dulu apa yang menjadi akar penyebabnya. Setelah itu, barulah Anda menjawab kebutuhan tubuh Anda untuk bisa mengembalikan libido tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang bisa membantu Anda mengembalikan rasa ingin bercinta dengan suami dengan cara natural. Tentunya dalam hal ini, tubuh Anda masih dalam kondisi kesehatan yang baik.

Acara masak romantis
Menurut Martha Hopkins, pengarang Intercourses' An Aphrodisiac Cookbook, memasak untuk orang lain atau memasak dengan si dia merupakan aktivitas yang bisa dimaksudkan sebagai tanda bahwa “Saya menyayangimu, kamu sepadan dengan usaha dan waktu yang saya keluarkan”, yang bisa menjadi sebuah pembangkit gairah yang dahsyat. Untuk mereka yang sudah lama berhubungan, acara memasak bersama bisa menjadi momen untuk melakukan kencan seru, dan kesempatan untuk mengembalikan percikan cinta lama. Sementara untuk mereka yang baru berkencan, acara semacam ini bisa menjadi semacam pemecah kebekuan suasana yang seksi.

Makanan pembangkit mood
Ketika menyangkut afrodisiak (makanan pembangkit gairah), tak ada aturan bakunya. Intinya lebih ke imajinasi. Otak adalah organ seksual terkuat. Hopkins menyarankan untuk membuat makanan yang mudah dan cepat dibuat, sehingga Anda tak kelelahan seusai memasaknya. Makanan favorit yang sering digunakan banyak pasangan adalah cokelat yang meleleh di mulut, karena mengandung cocoa butter (bubuk kakao yang dipadatkan). Cocoa butter merupakan salah satu bentuk lemak yang meleleh dengan temperatur tubuh. Rasa sensual mengecap cokelat ke dalam lidah Anda memicu rasa kepuasan serupa saat sedang bercinta.

Menyelesaikan problem hubungan
Kepuasan dalam hubungan adalah bagian terpenting untuk memastikan kepuasan seksual. Umumnya, ketika wanita merasa kesal akan sesuatu, ia akan membawanya ke atas ranjang. Bagaimana bisa mendapatkan gairah bercinta yang hebat jika kita merasa dikecilkan atau tidak nyaman dengan orang yang tidur dengan kita malam itu? Merasa tidak dihargai, menahan marah, merasa si pasangan tidak berusaha untuk mempertahankan hubungan, dan merasa tidak didukung membuat libido wanita menghilang. Karenanya, ketika masalah terselesaikan dan mendapatkan kepastian akan penyelesaian masalah, seharusnya libido wanita bisa kembali lagi.

Menstimulasi indera
Menstimulasi indera-indera dalam tubuh, seperti memasang lagu-lagu favorit atau menyemprotkan wewangian yang seksi bisa mempengaruhi libido seorang wanita. Indera-indera pada tubuh memiliki kemampuan untuk meningkatkan libido dengan cara yang berbeda. Disarankan untuk menstimulasi indera dengan cara yang berbeda-beda. Misal, cari kumpulan lagu baru, berikan penutup mata pasangan (bisa dengan scarf lembut), agar ia bisa memfokuskan diri pada indera lain yang sedang distimulasi. Cara lainnya, Anda bisa gunakan lotion wangi untuk pijatan. Gunakan imajinasi Anda untuk menstimulasi indera yang berbeda.

Mencintai tubuh sendiri
Gairah bercinta yang menurun seringkali diakibatkan oleh rendahnya imej tubuh. Menghadapinya? Cobalah lakukan “latihan bercermin”. Caranya, berdirilah di depan cermin yang bisa memberikan Anda pandangan ke seluruh tubuh Anda. Tanpa mengenakan pakaian sehelai pun, lihatlah tubuh yang sudah dianugerahkan Tuhan untuk Anda. Sebutkan hal-hal yang Anda sukai dari tubuh Anda. Lakukan latihan ini sendiri setiap harinya, hingga Anda merasa cukup percaya diri untuk melakukannya dengan suami. Jika seorang wanita sudah bisa merasa percaya diri dengan tubuhnya sendiri, ia akan merasa lebih seksi, dan membuatnya ingin berinisiatif untuk melanjutkan aktivitas seksual.

Berpikir ke luar kamar tidur
Ada beberapa aktivitas simpel yang bisa Anda dan pasangan lakukan untuk membantu libido Anda tetap tinggi. Seperti yang disebutkan di atas tadi, rasa mencintai tubuh sendiri dan stimulasi rangsangan seksual lewat pikiran (otak) adalah hal yang penting untuk wanita. Salah satu ide yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat sebuah kumpulan catatan tentang hal-hal yang membuat Anda merasa seksi. Misal, dengan menyimpan satu kotak kecil yang berisi catatan akan hal-hal yang membuat Anda merasa seksi. Lalu, di malam hari, coba ambil satu dan lakukan hal tersebut. Cara lainnya, simpan sebuah buku harian yang isinya mengenai apa pun tentang seks yang terlintas di pikiran Anda, termasuk hal-hal yang membuat Anda merasa terangsang. Lalu sesekali bacalah keseluruhannya, dan lihat bagaimana hal-hal yang sudah Anda tulis mampu membuat Anda terangsang, temukan sisi sensual Anda. Sesekali, Anda perlu mewujudkan fantasi Anda, saling bergantian memberi dan menerima kenikmatan seksual, mendobrak tabu kultural.

Menciptakan keintiman
Ada suatu istilah untuk wanita yang memiliki waktu untuk segalanya, tetapi tidak untuk kehidupan seksualnya, yakni “hurried woman syndrome” (sindrom wanita yang terburu-buru). Ini merupakan salah satu penyebab utama rendahnya libido yang tak berkaitan dengan hormon dalam tubuh. Menyangkut tugas-tugas, masalah anak, pekerjaan, kebutuhan suami, masalah tetangga, dan lainnya sudah membuatnya kehabisan energi dan waktu. Akhirnya tak ada cukup waktu tersisa untuk bisa menghabiskan masa berintim bersama suami. Jika ini adalah masalah utamanya, maka ini menyangkut hal prioritas ulang, dan menempatkan seks sebagai masalah keintiman, tak hanya hubungan badan saja.

Foreplay yang lebih lama
Pilihlah lokasi yang lebih sunyi, nyaman, dan tak terganggu. Seiring bertambahnya waktu, perubahan fisik bisa mengakibatkan Anda butuh waktu tambahan untuk mencapai gairah dan orgasme. Di usia paruh baya, respons seksual wanita akan cenderung menurun karena ada penurunan level hormon dan berkurangnya produksi lubrikan. Cairan pelumas dan alat bantu seks lainnya bisa membantu untuk memulai hubungan badan.

Beristirahat dan relaksasi
Stres, kelelahan, menopause, dan sakit bisa mengurangi keinginan seksual wanita. Umumnya pria menggunakan seks untuk mengendurkan ketegangan, sementara wanita harus tenang dan tidak tegang untuk bisa mencapai kepuasan seksual. Banyak pasangan melakukan hubungan seksual di penghujung hari, padahal pada waktu ini, level energi berada di paling bawah. Disarankan untuk menyiapkan waktu di pagi atau awal hari agar bisa mendapatkan semangat dan energi. Selain itu, meningkatkan ekspektasi bercinta sebelum tiba di rumah juga bisa membantu meningkatkan semangat untuk bercinta. Surat elektronik, SMS, atau telepon seksi sebelum pulang bisa membantu menyematkan rangsangan di otak, sebelum waktunya bercinta.

Menemukan zona nyaman
Film-film dewasa mengenai seksualitas seakan mendokrin dan membuat kita berpikir bahwa seks harus berupa spontan dan sempurna. Padahal tak selalu begitu adanya di kehidupan nyata. Banyak dari kita merasa gagal dalam kehidupan seksual karena adanya pendapat semacam ini. Bicarakan dengan pasangan Anda mengenai aktivitas apa dan kapan harus beraktivitas seksual. Kejujuran dan komunikasi bisa menumbuhkan hasrat lebih dahsyat ketimbang pil atau suplemen apa pun. Seringkali, kasih sayang yang tulus dan rasa cinta yang amat sangat bisa membawa seseorang ke kepuasan yang tinggi. Begitu pula dengan rasa pengertian akan masalah yang dihadapi si pasangan bisa menjadi afrodisiak yang sangat ampuh.

YANG ALAMI UNTUK MENEGAK KAN SI LOYO

NOVOTEL JAMBI

Gangguan ereksi sering menimbulkan rasa frustasi berat pada pria. Lagi pula, siapa sih pria normal yang rela kehilangan kemampuan seksualnya, sementara pasangannya normal saja?

Untuk mendapatkan kembali "kejantanannya" itu, berbagai cara pun dicoba. Mulai dari akupunktur hingga ramuan herbal. Tren kembali ke alam menyebabkan penggunaan obat alami meningkat, termasuk untuk mengobati disfungsi seksual (DE). Meski menggunakan bahan alami, pemakaian yang melebihi dosis tetap bisa menyebabkan efek samping.

Para ahli menyatakan, mengobati DE sendiri tanpa konsultasi dokter sangat berbahaya. "Bila Anda mengalami impoten, hal pertama yang harus dilakukan adalah diagnosis dokter," kata seorang ahli impotensi, Steve Lamm, penulis buku The Hardness Factor. Menurutnya, mayoritas pria penderita DE memerlukan obat DE.

Namun, ia tak menampik pria dengan tingkat DE menengah, yang merasa ereksinya tidak sekeras biasanya, bisa dibantu dengan obat-obatan alami. Tapi, obat alami apa saja?

Akupunktur
Walaupun metode tusuk jarum ini telah dipakai untuk mengobati impotensi, belum ada penelitian ilmiah yang dengan tegas mendukungnya. Pada tahun 2009, ilmuwan Korea Selatan melakukan review pada beberapa kajian tentang akupunktur untuk mengatasi DE. Menurut mereka, akupunktur kurang efektif untuk mengobati DE.

Ginseng
Ginseng merah (red ginseng) dari Korea sudah sejak lama dipakai untuk merangsang fungsi organ seksual pria. Namun, baru sedikit penelitian ilmiah mengenai herbal yang terkenal ini. Dalam studi terhadap 45 pria impoten, diketahui ginseng merah berkhasiat menambah kekerasan ereksi. Diskusikan dengan dokter sebelum mengonsumsi ginseng karena bahan ini bisa menyebabkan alergi bila dipakai bersamaan dengan obat lain.

Ginko Biloba
Meski lebih terkenal sebagai obat untuk meningkatkan daya ingat, tanaman ini juga dipercaya berkhasiat memulihkan ereksi pada penderita DE. Sayangnya, beberapa penelitian tidak memperlihatkan perbaikan kemampuan ereksi meski sudah mendapat suntikan bahan aktif ginko.

Para ahli menduga ginko tidak memperbaiki ereksi secara langsung. Namun, kemampuannya memperbaiki peredaran darah memudahkan terjadinya rangsangan erotik untuk menimbulkan libido.

Yohimbe
Sebelum Viagra dan obat DE lainnya ditemukan, dokter terkadang meresepkan obat herbal yohime (yohimbine hydrochloride) untuk pasien DE. Peran utamanya adalah meningkatkan pasokan darah ke jaringan erektil penis.

Namun, banyak ahli meragukan keefektifan tanaman ini. Terlebih, tanaman ini memiliki efek samping berupa tekanan darah tinggi, kecemasan, dan sakit kepala. FDA merekomendasikan penggunaan yohimbe dengan resep.

Eurycoma Longifolia
Di Indonesia, yang satu ini lebih dikenal sebagai pasak bumi. Selain sebagai afrodisiak, beberapa penelitian menyebutkan bahwa pasak bumi berkhasiat sebagai obat anti-malaria. Tanaman ini banyak ditemukan di Kalimantan, Sumatera, dan Malaysia.

DHEA
Testoteron sangat penting dalam fungsi seksual pria dan meningkatkan libido. Dua hal tersebut diketahui rendah pada pria yang menderita DE. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung DHEA (de-hydro-epi-androsterone) bisa meningkatkan hasrat seksual. Akan tetapi, DHEA memiliki efek samping menekan fungsi kelenjar di bagian otak. Keamanannya dalam jangka panjang juga belum jelas.

Cordyceps Sinensis
Ini merupakan jamur langka yang hanya hidup di dataran tinggi Tibet. Selain meningkatkan stamina, konsumsi jamur ini dipercaya bisa meningkatkan keperkasaan pria. Sebuah perusahaan suplemen kesehatan berhasil memperoleh strain Cs-4 dari jamur mycelia cordyceps yang punya manfaat setara dengan jamur yang tumbuh alami. Penelitian menunjukkan, strain cordyceps mampu meningkatkan fungsi seksual pada lansia dan memperpendek ambang rangsangan sehingga ereksi lebih cepat terjadi.

16 RAHASIA SEKS YANG MENGELORA

NOVOTEL JAMBI

KOMPAS.com - Gairah seks mungkin saja menurun karena berbagai penyebab. Kelelahan fisik atau rutinitas padat membuat pasangan menikah seperti tak punya waktu untuk menikmati seks. Seks bisa lebih asik dan menyenangkan, jika saja pasangan menikah memahami rambu dan pertandanya. Jika gairah mulai mereda, lakukan beberapa hal yang bisa memancing kembali libido Anda atau pasangan. Inilah pendapat sejumlah profesional dan pakar seputar seks yang asik.

1. Manjakan diri di luar kamar tidur. Seks tak melulu berurusan dengan kamar tidur Anda. Lakukan hubungan seks sesekali di bagian lain yang nyaman di rumah Anda. Kamar mandi dengan bathtub bisa menjadi variasi lainnya. Atau sesekali, pergilah memanjakan diri bersama pasangan untuk menikmati perawatan spa berpasangan. Melakukan kegiatan yang menyenangkan dan rileks bersama pasangan menimbulkan energi positif yang bisa merangsang gairah seks Anda.

"Saat fisik dan pikiran terasa seimbang, seks akan menjadi lebih hebat," kata Sharon Christie, pakar farmasi dari AromaFloria.

2. Lupakan masa lalu. Saat sedang berhubungan seks, cobalah untuk menyingkirkan pikiran buruk tentang masa lalu. Nikmati saja apa yang ada saat ini. Pikiran negatif seperti ini merusak suasana seksi saat seharusnya Anda menikmati seks bersama pasangan.

"Seks menjadi lebih menggairahkan jika pasangan menghadirkan dirinya pada saat itu dan menikmati momen yang ada," ujar Robert Whitman, fotografer spesialis pasangan.

3. Lakukan saja, jangan banyak pertimbangan. Mood untuk melakukan hubungan seks bisa diciptakan. Anda dan pasangan boleh saja tak bergairah pada awalnya. Namun selama menjalaninya Anda dan pasangan semakin menikmati aktivitas seks.

Jadi, jangan tunggu mood seks itu datang. Anda bisa menemukan mood positif itu dengan lebih peka merespons tanda dari pasangan Anda.

"Meski awalnya tidak mood, namun jika peka dengan pasangan, Anda bisa menemukan kesenangan dan menjadi lebih bergairah dari sebelumnya," papar Michele Weiner-Davis, penulis The Sex-Starved Marriage.

4. Camkan ini: Tubuh Anda seksi meski tak sempurna. Banyak perempuan yang terobsesi menurunkan berat badan dan menjadi kurus. Sementara banyak pria yang menyenangi lekukan pada tubuh perempuan. Perempuan acapkali merasa tak puas dengan tubuhnya yang tak sempurna. Perubahan fisik pascamelahirkan menjadi pemicu lain ketidakpuasan fisik perempuan ini.

Perempuan seringkali membandingkan tubuhnya dengan idealitas tubuh pada majalah atau selebriti. Lantas perempuan merasa tak nyaman dengan dirinya.

Lisa Masterson, MD, dokter kandungan dan kebidanan yang juga desainer pakaian dalam, mengatakan jika Anda tak nyaman dengan tubuh, konsultasikan kepada pakar dan bukan berasumsi dan menyalahkan diri sendiri.

"Jika persoalannya kelebihan berat badan, lakukan perawatan dengan bantuan dokter. Jika ingin menjalani diet sehat, hubungi pakar nutrisi. Lakukan sesuatu yang bisa membuat Anda lebih bahagia," kata Masterson.

Prinsipnya, Anda lah yang bertanggung jawab atas diri Anda, termasuk membangun kembali kepercayaan diri. Inilah kunci menikmati berbagai pengalaman liar di ranjang bersama pasangan.

5. Hentikan orgasme palsu. Orgasme tak sekadar pertanda atas kondisi kesehatan Anda yang prima dan bahwa Anda puas dengan pasangan. Orgasme juga meningkatkan level oksitosin dan vasopressin di otak. Hormon inilah yang memicu kehangatan atau romantisme yang diasosiasikan perempuan dengan intimasi, jelas Helen Fisher, PhD, profesor antropologi yang juga penulis Why We Love: The Nature and Chemistry of Romantic Love.

Jadi, jangan main-main dengan orgasme. Ciptakan orgasme jika Anda atau pasangan belum mendapatkannya saat berhubungan seks. Tunjukkan di mana titik sensitif Anda kepada pasangan. Mintalah pasangan memuaskan Anda pada bagian yang diinginkan. Lalu temukan orgasme di sana. Jangan hanya menunggu pasangan mencari pusat gairah yang membuat Anda berhasil orgasme. Seks pun butuh kerjasama bukan?

6. Pancing gairah dengan berbelanja. Gunnar Peterson, personal trainer sejumlah selebriti dunia, mengatakan salah satu kliennya mengaku berbelanja sebelum berhubungan seks bisa menimbulkan gairah. Sah saja melakukan sejumlah cara untuk memancing libido.

Peterson menganggap wajar cara yang dilakukan kliennya tersebut. Karena menurutnya, berbelanja barang yang disukai dan menunjang penampilan, bagi perempuan, akan membuatnya merasa seksi dan berkuasa. Perasaan seperti inilah yang memicu sikap mental yang lebih terbuka. Saat merasa puas dengan diri sendiri, Anda lebih positif merespons berbagai hal termasuk seks, Anda setuju?

7. Bayangkan Anda adalah perempuan terseksi. Sikap positif yang didapati dari kepercayaan diri membantu perempuan mencapai kepuasan seksual. Salah satu caranya, bayangkan Anda adalah perempuan terseksi. Lalu lakukan hubungan seks dengan berbagai imajinasi seksual yang muncul di kepala Anda. Buktikan saja, dengan cara ini Anda bisa memulai hubungan seks menuju tingkat kepuasan yang diinginkan, kata Judy Pfleger, pendiri HairCareDownThere.com.

8. Manfaatkan sex-toy. Sex-toy sesekali perlu juga dilibatkan dalam hubungan seks Anda dan pasangan. Vibrator misalnya, benda ini mengajarkan Anda tentang bagaimana memuaskan diri mencapai orgasme. Berbagai cara bisa dilakukan pasangan untuk memancing gairah, dengan tangan atau lidah. Namun tak ada salahnya menerima bantuan dari sex-toy.

"Saat Anda mengenalkan sex-toy kepada pasangan, cara ini mengurangi kekhawatiran akan performa seks," kata Anne Semans, marketing manager toko sex-toy, Toys Babeland di New York dan Seattle.

9. Berikan pujian kepada pasangan. Saat pasangan melakukan aktivitas seks yang menyenangkan Anda, berikan pujian. Puji kemampuan dan teknik yang digunakannya untuk memuaskan Anda. Lalu tanyakan hal apa yang diinginkan pasangan, kata Nancy Friday, penulis Women on Top.

10. Melatih kekuatan Anda. Seks adalah olahraga partisipatif yang membutuhkan daya tahan tinggi. Seperti saat Anda melakukan kardio di gym, efeknya tak sekadar membangun kepercayaan diri. Olahraga dengan berlatih kardio meningkatkan daya tahan fisik. Dengan kekuatan penuh, Anda bisa memperpanjang durasi hubungan seks. Jadi, latihlah kekuatan fisik Anda, saran Shari Stern, atlet lari maraton dan pengajar kelas kuliner sensual.

11. Seks tak butuh prestasi. Berapa nilai kepuasan seksual Anda dan pasangan? Abaikan pertanyaan ini. Perempuan yang menjalani seks yang hebat, tak pernah tergoyahkan dengan penilaian dan angka kepuasan seksual. Seks bicara soal sensasi, cinta, dan aktivitas yang menyenangkan. Seks tidak bicara tentang prestasi, sejauhmana pasangan menilai seksualitas Anda.

Susan K.Perry, PhD, psikolog dan penulis Loving in Flow: How the Happiest Couples Get and Stay That Way menyarankan, tanyakan kepada diri sendiri seperti apa perasaan Anda atas aktivitas seks ini? Inilah ukuran kepuasan seksual yang lebih penting daripada bicara angka kepuasan seks.

12. Edukasi seks. Meski Anda sudah mahir melakukan hubungan seks, jangan pernah berhenti mengedukasi diri sendiri. Jangan cepat puas dengan aktivitas seks yang sudah Anda jalani bersama pasangan. Lebih banyak mencari informasi dari bacaan seputar seks bisa membantu Anda. Bagaimana menstimulasi G-spot Anda, ini salah satu isu yang patut Anda pelajari, saran Marge S, pensiunan perawat yang menemukan kembali gairah seks pada usia 70-an.

13. Lepas busana dan tutup mata pasangan Anda. Lakukan aktivitas seks yang menyenangkan dan misterius. Lepaslah busana, dan berikan pijatan kepada pasangan dengan bermodalkan tubuh telanjang Anda. Lakukan juga kegiatan yang berkesan misterius dengan menutup mata pasangan. Pengalaman seks seperti ini mampu menggantikan kebosanan aktivitas seks pasangan menikah, tutur Sheila Kelley, aktris.

14. Fokus pada diri sendiri. Berhentilah menjadi perempuan yang terperangkap dalam pikiran, bahwa Anda harus memuaskan pasangan. Tunjukkan antusiasme Anda dan minta pasangan melakukan gerakan yang bisa membangkitkan gairah Anda. Dengan begitu, Anda telah memberikan kesenangan dan kepuasan kepada pasangan, dan tentu saja diri Anda sendiri, kata Drew Pinsky, MD, cendikiawan, penulis.

15. Pilih cara menyenangkan. Seks perlu dilihat sebagai aktivitas menyenangkan yang seksi. Gunakan sejumlah alat bantu seperti es krim, cokelat, apapun yang Anda dan pasangan merasa nyaman. Oleskan dalam tubuh Anda dan pasangan, dan berikan jilatan. Lakukan bergantian. Pengalaman ini memberikan sensasi tersendiri, kata Shanna Moakler, bintang Meet the Barkers yang ditayangkan di MTV.

16. Memberi dan menerima. Jangan hanya menunggu dan menerima, namun jangan juga melulu memberi. Hubungan seks lebih asik dengan spontanitas dan sikap memberi dan menerima yang seimbang. Jadi, jangan menunggu pasangan memuaskan Anda. Pandulah pasangan untuk memuaskan Anda dan dengan begitu si dia memberikan stimulasi seks yang bisa memuaskan Anda. Dengan memulainya, Anda tak hanya akan menerima pelayanan seks yang menyenangkan, bahkan pasangan pun menerima pesan cinta yang menggairahkan dari diri Anda. Demikian pendapat Adam K.Glickman, CEO Condomania.com.

Bagaimana dengan cara Anda menikmati seks bersama pasangan?

BAGAIMANAKAH TYPE SEKS NYA DIA DI RANJANG ADA 8 TYPE ANDA YANG MANA ?

NOVOTEL JAMBI

MELEKAT dengan sifat seseorang, demikian juga tipe gaya bercinta seseorang.Yang penting adalah Anda mengerti bahwa tidak satupun dari ke delapan tipe berikut ini lebih baik antara satu dan lainnya. Jenis manakah Anda?

TipeTradisionalis
Kaum tradisionalis dipenuhi dengan gairah yang hangat, yang mereka lepaskan dengan cara-cara standar. Bila bicara mengenai seks, mereka merasa nyaman untuk melakukannya, membicarakannya, dan mereka umumnya merupakan pasangan yang baik karena memperhatikan apa yang diinginkan pasangannya. Kaum tradisionalis paling cocok dengan tipe tradisionalis, introvert, dan intelektual.

Tipe Introvert
Kaum introvert menyukai kedekatan fisik tetapi mereka agak sedikit malu untuk memulai seks. Secara seksual, kebanyakan tipe ini cocok dengan tipe tradisional, tipe inisiator, dan tipe kontradiktor walaupun kaum introvert dapat bekerja sama dengan baik dengan setiap tipe seks yang lain.

Tipe Kontradiktor
Kaum kontradiktor bersikap hati-hati dan konservatif. Tapi asal tahu saja, di dalam hatinya mereka liar. Secara seksual mereka cenderung dominan dan lebih senang bila pasangannya memperlihatkan minat yang sama. Mereka bisa cocok dengan setiap tipe seks, tetapi secara alami pasangan yang paling cocok adalah dengan sesama tipe kontradiktor, tipe penurut, dan tipe Maverick (tipe orang yang tidak konvensional).

Tipe Fantasi
Kaum fantasi sangat senang membicarakan dan memimpikan tentang seks dan pada saat melakukan hubungan seks, mimpi-mimpi itu mereka realisasikan. Tipe Fantasi sangat cocok dengan sesama tipe fantasi, tetapi gairah mereka dapat bangkit dengan tipe Maverick dan tipe Inisiator.

Tipe Intelektual
Kaum intelektual senang membicarakan, memikirkan, dan menganalisa mengenai seks meski pada umumnya mereka tidak bersikap provokatif pada saat mempraktikkannya. Kaum intelektual cocok dengan sesama tipe intelektual tetapi mereka juga dapat bekerja sama dengan baik dengan tipe tradisionalis dan tipe penurut. Tipe Intelektual juga dapat memiliki gairah yang hangat dengan tipe seks yang lain, bila mereka mau.

Tipe Penurut
Kaum penurut sangat patuh tetapi tetap mempunyai sikap. Mereka tahu cara menyelesaikan tugas mereka tetapi sekaligus menginginkan pasangan yang melakukan bagian yang berat. Sifat mereka selalu ingin tahu, mau mengembangkan diri dan pada saat melakukan hubungan seks cenderung selalu berusaha keras untuk memuaskan pasangannya. Mereka cocok dengan tipe inisiator, kontradiktor, dan Maverick.

Tipe Inisiator
Kaum inisiator lebih senang mengendalikan dibanding mengikuti. Mereka akan berterus terang kepada pasangannya tentang apa yang diinginkan, bagaimana cara melakukannya, dan untuk berapa lama. Tipe inisiator sangat cocok dengan tipe penurut, tetapi juga dapat bekerja sama dengan baik dengan tipe introvert dan tipe fantasi.

Tipe Maverik (tipe orang yang tidak konvensional)
Kaum Maverick bersifat provokatif, bertualang, dan tidak malu-malu. Bila mereka ingin melakukan hubungan seks dapat melakukannya di mana saja. Bila mereka mendengar sesuatu yang baru mengenai seks, biasanya mereka ingin mencobanya. Kaum Maverick senang bila pasangannya memberikan respons agresif dan petualang yang seimbang dengan mereka. Mereka cocok dengan sesama tipe Maverick dan dengan tipe fantasi serta tipe penurut.

EKSPLORASI BAK MANDI UNTUK NGESEKS WUIH YAHUD

NOVOTEL JAMBI

BAK mandi adalah altenatif tempat yang menyenangkan untuk meningkatkan gairah seksual Anda dengan pasangan. Ini adalah tempat yang bisa digunakan untuk menikmati seks selain tempat tidur.

Seorang terapis seks dari Inggris dan wakil presiden dari ParentLine Plus, sebuah yayasan sosial untuk pendidikan para orangtua, Suzie Hayman, menyebutkan bahwa untuk menciptakan suasana erotik di bak mandi mesti disiapkan beberapa hal. Kombinasi dari sensasi bau-bauan, suasana yang mendukung mata, dan sentuhan lembut nan erotis akan memunculkan kegairahan baru dalam hubungan Anda dengan pasangan.

Beberapa hal yang perlu disiapkan, antara lain lilin, minyak atau gel aromaterapi untuk air di bak mandi, spons, handuk yang besar dan tebal lagi lembut, serta sabun mandi wangi beraromaterapi, dan kotak-kotak es kecil.

Setelah semua barang siap, letakkan hal-hal tersebut sesuai tempatnya. Mulailah nyalakan lilin. Isi bak dengan air panas dan tambahkan minyak aromaterapi. Anda bisa juga membakar minyak aromaterapi di dekat bak mandi untuk menambah romantis suasana.

Beberapa minyak aromaterapi yang cocok untuk Anda antara lain, jasmin atau melati, rose atau mawar, sandal wood, ylang-ylang, dan jeruk.

Anda juga bisa menambahkan beberapa herba yang disediakan dalam bentuk sachet atau teh untuk dimasukkan ke dalam bak mandi, antara lain lavender, lemon, rosemari, sage, thyme, chamomile, jasmin, vervain, dan limeflower.

Nikmati Bersama
Nikmati seluruh kenyamanan ini bersama pasangan Anda. Mulailah dengan memainkan air bersama pasangan. Dengarkan alunan percikan. Padamkan lampu kamar mandi dan pandanglah bersama nyala lilin yang menerangi kamar. Nikmati pula harumnya bau wangi-wangian yang ada.

Saat Anda berdua sudah mulai merasa rileks, gunakan spons untuk saling menyabuni. Nikmati setiap elusan yang diberikan pasangan Anda. Mintalah untuk pelan-pelan melakukannya. Bisa juga mengusap kulit dengan kotak-kotak es. Lakukan selama mungkin sesuai mood dan gerakan hati Anda. Ikuti kecenderungan hati Anda.

Eksplorasi seluruh elusan dan gerakan yang bisa Anda lakukan secara bergantian dengan melakukan setiap gerakan pelan-pelan dan tidak terburu-buru. Nikmati waktu dengan rileks.

Jangan lupa, setelah berbagai elusan dan pijitan, Anda bisa menggunakan waktu saat mengelap badan dengan handuk. Elus pelan-pelan tubuh pasangan Anda. Rasai bau wangi tubuhnya. Dan buatlah pasangan Anda merasakan nikmat yang luar biasa dari elusan lembut tangan Anda.

Anda bisa menggunakan waktu untuk bercinta di kamar mandi atau di tempat tidur. Bahkan, Anda bisa melakukannya saat sebelum mengeringkan badan. Begitu saran Suzie Hayman. Patut dicoba bukan?

MAU HAMIL GIMANA YA ?

NOVOTEL JAMBI

SETELAH menikah dua tahun dan belum juga hamil, saya berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan. Lagi pula selama ini saya sering menderita keputihan.

Semula saya merasa itu wajar saja, tetapi karena jumlahnya bertambah saya jadi khawatir. Suami mengalami pemeriksaan analisis sperma dan hasilnya baik. Saya juga menjalani berbagai pemeriksaan dan juga dalam keadaan baik. Hormon saya normal begitu pula saluran ke indung telur.

Dokter kemudian memeriksa lebih jauh keputihan saya dan hasilnya vaginosis bakteri. Menurut dokter, ini termasuk penyakit menular melalui hubungan seksual dan dapat disembuhkan. Saya juga menganjurkan agar suami diperiksa sehingga dia juga menjalani tes untuk penyakit menular seksual lainnya. Untunglah semua baik-baik saja. Jadi, kami sekarang menjadi lebih siap untuk mempunyai anak.

Pertanyaan saya, perlukah pasangan yang ingin punya anak menjalani pemeriksaan penyakit menular seksual (PMS)? Apa saja penyakit yang termasuk PMS dan adakah pengaruh penyakit tersebut pada keturunan nantinya? Apa yang harus saya lakukan agar alat reproduksi saya sehat? Terima kasih atas jawaban Dokter.

M di J

Pertanyaan Anda tentang kesehatan reproduksi amat penting karena sudah lama disadari perlunya layanan kesehatan menyediakan pelayanan kesehatan reproduksi.

Kesehatan reproduksi adalah sejahtera fisik, mental, dan sosial secara utuh. Tidak semata terbebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala hal yang berkaitan dengan sistem, fungsi, dan proses reproduksi. Pasangan individu bebas menentukan keinginan mempunyai anak, kapan dan berapa jumlahnya (WHO, 1998).

Kesehatan reproduksi diartikan kehidupan seksual. Untuk itu dibutuhkan perangkat, teknik, dan sistem layanan yang menjamin terpeliharanya kesehatan reproduksi seseorang, baik berbentuk upaya pencegahan maupun pengendalian penyakit. Kini sedang dikembangkan paket layanan kesehatan reproduksi esensial berupa layanan terpadu yang lebih efektif dan efisien.

Pada tahun 2000 negara kita bersama 188 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa bersepakat mengadopsi deklarasi milenium untuk pemenuhan hak dasar manusia. Tujuan Pembangunan Milenium tersebut di antaranya menurunkan jumlah penduduk miskin, mewujudkan pendidikan dasar untuk semua, kesetaraan jender, menurunkan angka kematian anak, angka kematian ibu, menghentikan penularan penyakit menular termasuk HIV/AIDS, memelihara kelestarian lingkungan hidup dan kemitraan global.

Layanan kesehatan reproduksi yang baik diharapkan dapat menurunkan angka kematian bayi dan ibu. Dengan demikian, pelayanan kesehatan reproduksi esensial sedikitnya terdiri atas keluarga berencana, kesehatan ibu dan anak, deteksi dini, dan penanggulangan infeksi saluran reproduksi dan kesehatan reproduksi remaja.

Melalui pelayanan esensial itu diharapkan kebutuhan masyarakat untuk memelihara kesehatan reproduksi terpenuhi. Anda sendiri mengalami niat semula berkonsultasi mengenai keinginan punya anak dapat dilengkapi juga dengan pemeriksaan infeksi saluran reproduksi. Bahkan suami Anda juga ikut berpartisipasi.

Sebaliknya ibu hamil yang menjalani pemeliharaan kesehatan sebelum melahirkan juga memeriksakan diri untuk infeksi saluran reproduksi, misalnya. Dengan layanan terpadu ini diharapkan ditemukan berbagai masalah kesehatan yang mudah-mudahan dapat diselesaikan sehingga kesehatan reproduksi terjaga baik. Sudah tentu bila layanan dapat diberikan satu atap akan lebih nyaman bagi klien.

Dampak infeksi saluran reproduksi yang tidak diobati dengan serius di antaranya: 1) Sumbatan tuba falopi dengan akibat kemandulan atau kehamilan di luar kandungan; 2) Keguguran atau kesakitan bayi baru lahir; 3) Keganasan pada organ reproduksi; 4) Peningkatan risiko tertular HIV serta kematian janin.

Tidak semua infeksi saluran reproduksi menunjukkan gejala. Cukup banyak pasien datang tanpa gejala, tetapi pada pemeriksaan lebih lanjut ditemukan infeksi saluran reproduksi.

Beberapa penyakit infeksi saluran reproduksi seperti dikemukakan terdahulu ternyata dapat berdampak pada kesehatan bayi yang dilahirkan.

Jenis infeksi saluran reproduksi terdiri dari: 1) Infeksi menular seksual, yaitu klamidia, gonore, trikomoniasis, sifilis, ulkus mole, herpes kelamin human papilloma virus (HPV) dan human immunodeficiency virus (HIV); 2) Infeksi edogen karena pertumbuhan berlebihan kuman yang biasanya selalu ada di saluran reproduksi wanita normal, misalnya, vaginosis bakteri dan kandidosis vulvo vagina. Penyakit sifilis pada ibu hamil dapat menyebabkan kecacatan pada bayi.

Karena itu, dalam pemeliharaan kesehatan ibu hamil perlu diperhatikan kemungkinan penyakit infeksi saluran reproduksi. Pasangan yang ingin mempunyai anak akan lebih baik jika memeriksakan diri kemungkinan tertular penyakit menular seksual.

Saya berharap upaya Anda bersama suami memelihara kesehatan, termasuk kesehatan reproduksi, akan berhasil baik. Saya juga berharap keinginan Anda untuk mempunyai anak cepat terkabul.

BERIKAN PENDIDIKAN SEKS SEJAK REMAJA

NOVOTEL JAMBI

JAKARTA, SABTU - Sebagian orang masih merasa tabu dalam memberikan pendidikan seks pada anak, mereka berpandangan bahwa seks hanya perlu diketahui oleh orang dewasa saja. Padahal pendidikan seks juga diperlukan sebagai masukan buat anak, terutama saat mereka beranjak dewasa.

Menurut Ginekolog dan konsultan seks, Dr. H. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS, sudah saatnya orang tua lebih aktif dalam memberikan pengetahuan dan pendidikan seks pada anak, supaya anak tidak sampai terjerumus pada hal-hal yang tidak diinginkan.

"Banyak anak perempuan yang mengalami kehamilan di usia muda. Banyak juga yang menggugurkan kandungannya, sebab hubungan seks yang dilakukan di luar nikah," kata Boyke di Universitas Paramadina, Jakarta, Sabtu (26/7).

Menurut Boyke, perubahan fisik dan emosi secara berarti mulai terjadi pada pria saat usia 13-15 tahun dan 12-14 tahun pada wanita, sebab pada fase ini alat kelamin sekunder sudah matang. "Interval tersebut yang dinamakan masa pubertas, masa peralihan dari masa anak-anak menjadi dewasa muda. Dan mereka akan mencoba segala sesuatu, salah satunya ketertarikan pada lawan jenis," ujar Boyke.

Pada masa ini, bila tidak dibekali dengan nilai agama dan moral yang kuat remaja akan mudah terjerumus pada perilaku seks bebas dan penggunaan narkoba. "Kalau sudah terjadi pasti orang tua juga yang bakal repot. Karenanya mari kita berikan mereka pengetahuan sebenar-benarnya, supaya mereka mengerti dan menyadari bahaya melakukan seks di masa muda," beber Boyke.

KONSULTASI SEKS PERLUKAH ?

NOVOTEL JAMBI
TAK usah malu jika memang merasa memerlukannya. Termasuk jika ingin belajar menerangkan masalah seks pada anak.

BOLEH jadi selama ini belum banyak orang yang peduli akan pentingnya konsultasi seks. Bahkan tak sedikit yang justru merasa malu saat harus benar-benar berkonsultasi. Maklum, takut dicap macam-macam, semisal tak perkasa yang bisa menurunkan harga dirinya sebagai laki-laki sejati. "Padahal, manfaat yang dituju dari konsultasi seks itu sendiri, kan, tak lain adalah hidup berkeluarga yang bahagia, di mana seks merupakan salah satu unsurnya," ujar Dr. Ferryal Loetan, ASCT&T, Sp.RM, MMR, Kepala Instalasi Rehab Medik RS Persahabatan, Jakarta.

Untuk konsultasi seks, lanjut Ferryal, "Sebetulnya bisa dilakukan kapan saja, kendati umumnya dilakukan kala ada masalah." Padahal, selagi tak bermasalah pun boleh-boleh saja dilakukan. Semisal mempertanyakan apakah aktivitas seksual yang selama ini dilakukannya sudah baik atau belum. Bisa juga bertanya mengenai pendidikan seks buat anaknya.

Dengan demikian, tambahnya, jika memang ada sesuatu yang dirasa mengganggu kehidupan seks suami-istri, "Tak usah malu datang ke konsultan seks. Soalnya, kalau didiamkan atau ditunda-tunda hanya karena rasa malu, bisa-bisa yang semula ringan malah jadi penyakit. Padahal, kalau sejak dini ditangani dan tidak menunggu parah, pasti akan lebih mudah dan cepat proses penyembuhannya."

Berapa kali konsultasi seks yang diperlukan, amat tergantung pada kasus. Kalau ringan, sekali saja mungkin sudah bisa terselesaikan masalahnya. Bila berat, tentu perlu berulang kali. Terlebih jika masalahnya tak cuma fisik, tapi juga berkaitan dengan faktor psikis. Biasanya perlu waktu penanganan yang lebih lama sehingga kesabaran dari yang bersangkutan memang sangat diharapkan.

Waktu yang pas
Menurut Ferryal ada waktu-waktu tertentu yang pas untuk berkonsultasi, yakni:

1. Sebelum Menikah. Begitu memasuki perkawinan, tak sedikit pasangan yang belum mengerti atau bahkan buta sama sekali mengenai hal-hal seputar kehidupan seksual. Contohnya, sebut Ferryal, tak bisa membedakan lubang vagina dan lubang kencing.

Idealnya, pengetahuan seks sudah diperoleh anak dari keluarga atau sekolah sejak ia remaja atau dewasa muda agar tak salah kaprah. Itu sebabnya sebelum memasuki perkawinan, calon pengantin diberi kesempatan mendapat konsultasi atau bimbingan perkawinan secara umum oleh KUA. Nah, tak ada salahnya berkonsultasi juga ke ahlinya agar merasa lebih siap.

2. Setelah menikah, yang paling mungkin dan sering menjadi penyebab perceraian adalah masalah keperawanan. Kalau tak berdarah di malam pertama, diangap tak perawan. Padahal, bisa saja istri tak berdarah atau merasa sakit. Ada banyak faktor penyebabnya. Antara lain, bentuk atau elastisitas selaput daranya.

3. Ada Gangguan/Kelainan Organ Kelamin Wanita. Yang ini pun termasuk paling sering mendorong suami-istri berkonsultasi. Misalnya, susah penetrasi meski sudah sekian bulan menikah.Bila ada masalah seperti itu, lebih baik konsultasikan secepat mungkin untuk

diatasi. Mungkin saja vagina istri tertutup, selaput daranya keras dan tebal, atau karena frigiditas yang lebih disebabkan faktor psikis. Bisa juga karena takut sehingga otot vagina kaku atau tertutup rapat.

4. Gangguan/Kelainan Organ kelamin Pria. Masalahnya banyak sekali. Mulai dari impotensi hingga ejakulasi prematur dan yang terhambat.Penyebab umumnya bisa psikis dan fisik.

5. Saat Anak Bertanya Soal Seks. Tak ada salahnya berkonsultasi ketika anak sudah mulai aktif/banyak bertanya tentang seks. Kendati pengertian seks di sini bukan berarti hubungan seks, melainkan masih bersifat umum, terutama yang berhubungan dengan jenis kelamin. Semisal, "Kok, aku punya titit, tapi adik enggak, sih?" Tak semua orang tua bisa menjawab dengan jelas dan singkat. Ada pula yang ragu, apakah anak sudah boleh tahu soal seperti itu.

Padahal, salah-salah menjawab atau sama sekali tak menjawab, bisa bahaya buat anak. Ia akan mencari jawaban dari orang lain yang belum tentu dapat memberi jawaban benar. Anak juga akan berpikir, seks adalah sesuatu yang jorok dan tabu dibicarakan.

Tahapan konsultasi
Seperti halnya konsultasi kesehatan antara dokter dengan pasiennya yang dilakukan dengan urutan kerja tertentu agar bisa mengetahui diagnosa penyakit dan tindakan yang akan diambil, demikian juga halnya konsultasi seks. Berikut tahapannya.

* Anamnesa dengan melakukan tanya jawab. Dokter akan menggiring ke arah mana tanya jawab tersebut berlangsung sesuai dengan kasusnya.

* Pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah alat kelamin pria/wanita normal atau tidak, bentuknya seperti apa dan bisa-tidaknya melakukan hubungan seksual.

* Pemeriksaan tambahan bila diperlukan. Semisal bila ada kecurigaan penyakit diabetes maka akan dilakukan pemeriksaan darah di laboratorium. Atau pemeriksaan menggunakan stimulator listrik untuk mengetahui apakah persarafan di daerah alat kelaminnya bagus atau tidak.

Setelah dilakukan poin-poin pemeriksaan tersebut sesuai urutannya, dokter akan menentukan diagnosa penyakitnya serta terapi yang akan dilakukan. Semisal, apakah terapinya cukup dengan konsultasi atau psikoterapi, terapi fisik dengan bantuan obat-obatan, maupun terapi fisik khusus bila ada sesuatu di vagina atau di penis yang perlu diperbaiki. Bila memang perlu bantuan ahli lain, seperti psikiater atau psikolog, maka dokter yang menjadi konsultan seks akan merekomendasikannya.

Lakukan bersama pasangan
Menurut Ferryal, untuk berkonsultasi seks memang diperlukan inisiatif dari diri istri ataupun suami. Namun banyak suami yang merasa harga dirinya hancur akibat impoten atau ejakulasi prematur lantas tak mau berobat. Di sinilah pentingnya pasangan memberi dukungan. Konkretnya, dengan berobat bersama-sama atau setidaknya mnemani/mengantarnya berkonsultasi meski barangkali yang bermasalah hanya istri atau suaminya saja.

Sekalipun suami yang impoten, contohnya, akan lebih bagus bila istri selalu mndampinginya berkonsultasi. Selain merasa dapat dukungan, istri pun bisa diajak membantu melakukan terapi di rumah menggunakan teknik-teknik sesuai yang disarankan dokternya. Hal ini tentu bisa membantu mempercepat proses penyembuhan.

WANITA LEBIH SERU NGOMONGIN SEKS

NOVOTEL JAMBI

Ternyata wanita lebih seru bila bergunjing soal seks. Mereka bisa "mengobral" segala canda jorok, bahkan yang menyerempet soal ranjang milik pribadi sekalipun.

Menurut penelitian yang dilakukan Prof.Michael Cain dari Harvard University (2001) kata "cerewet" memang lebih identik dengan wanita dibanding pria. Ini karena dilihat dari struktur otak yang berhubungan dengan bahasa, kemampuan berbahasa wanita lebih baik dibanding pria. Mungkin ini juga yang menyebabkan kenapa wanita lebih baik dari pria. Mungkin ini juga yang menyebabkan kenapa wanita lebih sering bergosip dan pria lebih senang bicara sedikit.

Kemampuan berbahasa yang "cerewet" ini pada akhirnya menyeret wanita untuk mampu bergosip sepanjang waktu. Dalam segala objek apa pun, termasuk soal seks. Bukan berarti pria tak suka bergunjing soal seks, lo. Tapi umumnya mereka lebih suka mengomentari fisik tubuh bintang film atau fantasi liar yang diimpikannya. Sangat jarang mereka mengobral tentang rahasia kehidupan seksnya sendiri. Apalagi kehidupan seks bersama istri.

Saat mengobrol soal seks, wanita lebih suka menggunjingkannya dengan sesama wanita. Semakin seru, semakin asyik. Coba perhatikan, jika ada pria menyelinap di antara mereka, pasti obrolan itu langsung berhenti atau berganti topik. Malukah wanita itu? Ini bukan berkaitan soal etis maupun tidak etis. Tapi pada wanita, seperti halnya pada pria, bergunjing soal seks di saat ada lawan jenis sama saja dengan membuka rahasia pribadi kepada lawan jenis.

Pada umumnya baik pria maupun wanita, lebih suka membicarakan soal seks dengan sesama jenisnya karena dianggap lebih aman tanpa tudingan menjadi "sex maniac" atau "sexaholic". Mereka malu dianggap oleh lawan jenisnya sebagai orang yang tergila-gila pada urusan seks ataupun mendewakan seks.